Membuat Segitiga Sama Sisi Menggunakan Bahasa C

Sekarang saya akan membagikan kepada anda tentang cara membuat segitiga menggunakan bahasa C. Berikut adalah langkah-langkahnya.


1. pertama yang anda butuhkan adalah IDE untuk menbuat coding-an nya. disini saya menggunakan dev c++. seperti biasa kita membuat header bahasa C yaitu #include<stdio.h> sebagai library dari Bahasa C itu sendiri. kita juga perlu menambahkan #include<conio.h> dan getch(); pada akhir agar program tidak keluar sendiri saat di execute.





2. selanjutnya kita tambahkan variabel yang kita akan gunakan. saya menggunakan 4 variabel, yaitu jumlah, i, j, dan k. jumlah itu untuk menunjukkan berapa besar segitiga yang kita akan buat. sedangkan i,j dan k adalah variabel pembantu saja. ke-4 variabel ini ber-tipe int.



3. kemudian tulis fungsi scanf untuk membaca masukan dari user dengan syntax scanf("%d", &jumlah");. %d fungsinya untuk membaca bilangan ber-tipe int


4. selanjutnya kita akan menggunakan fungsi pengulangan for. for(i=1;i<=jumlah;i++) artinya kita memberi nilai awal i dengan jumlah 1. ungkapan selanjutnya adalah kondisi atau syarat yang kita berikan. dan ungkapan selanjutnya adalah aksi nya. jika nilai i kurang dari atau sama dengan jumlah maka i+1. setelah menulis itu ingat menulis kurung kurawa yang menandakan ada blok selanjutnya. setelah itu kita masuk ke for yang kedua. yaitu for(j=1;j<=jumlah-i;j++). kemudian diberi kurung kurawa lagi dan ditulis printf(" ") kita menampilkan spasi berguna untuk memberi jarak agar nanti berbentuk segitiga sama sisi.

5. kita sekarang masuk pada for ke-3. pada for ketiga ini kita akan menampilkan bentuk segitiganya. kita tulis for(k=1;k<=i;k++) kemudian diberi kurung kurawa dan ditulis printf("* ") tanda * itu akan menjadi isi segitiganya. didalam * tersebut ada spasi berguna agar bisa berbentuk segitiga.


6. selanjutnya kita tinggal menambahkan printf("\n") untuk mencetak enter agar * yang kita cetak tadi tidak tercetak secara horizontal.

7. nah, semua telah selesai tinggal kita compile dan run saja. untuk compile dan run kita tinggal menekan tombol F11. setelah itu kita tinggal memasukkan berapa besar segitiga yang kita inginkan. seperti di gambar ini

begini hasilnya jika sebelumnya tidak diberi spasi pada printf *. ini berbentuk segitiga namun tidak berbentuk segitiga sama sisi.

nah itu adalah hasilnya. terima kasih telah membaca blog saya. semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Algoritma Penjadwalan Pada Sistem Operasi

Fungsi dan Prosedur dalam Bahasa C