Basis Data


BASIS DATA
Sebagai mahasiswa jurusan yang berkaitan dengan komputer pasti mendapat mata kuliah Basis Data. Begitu pun dengan saya. Sebenarnya apa itu basis data dan apa gunanya basis data? Berikut ini saya akan membahasnya.

Apa itu basis data?
Sebelum kita mempelajari basis data, pertama hendaknya kita harus mengetahui apa itu data. Data adalah fakta yang merepresentasikan kejadian atau suatu objek dengan angka, huruf, atau simbol. Data ini yang diolah menggunakan apklikasi berupa sistem informasi sehingga menghasilkan informasi. Untuk menyimpan data tersebut agar tersturktur dan orang lain juga bisa dengan mudah mengakses data tersebut maka diperlukan adanya basis data. Basis data adalah kumpulan data yang tersusun secara teruatur dan sistematis yang disimpan di perangkat elektronik.

Tujuan basis data?
Speed, artinya dengan adanya basis data kita dengan cepat dapat mengakses data yang ingin dicari.
Space, artinya dengan menggunakan basis data kita tidak perlu menyiapkan ruang yang luas.
Accuracy, artinya dengan database keakuratan data terjamin.
Availability, Pemilahan data yang sifatnya pasif dari database aktif.
Complateness, tidak ada data yg istilahnya corrupt.
Security, keamanan data terjamin dengan hak akses data.
Shareability, dapat digunakan oleh multiuser.

Database Management System
Untuk dapat mengatur daata yang ada di database maka diperlukan software BDMS. DBMS adalah software yang menangani semua akses ke basis data, software tersebut memungkinkan menyusun, mengolah dan memperbaharui item-item dalam suatu basis data atau database. DBMS mempunyai kemampuan untuk mengolah data dalam jumlah yang besar, selain itu DBMS juga mampu untuk melakukan manipulasi data dengan mudah dan cepat.

Kenapa Harus Ada DBMS?
DBMS diperlukan untuk :
  • Independensi data dan akses yang efisien. DBMS bersifat independensi. Maksudnya adalah ketika harus dilakukan perubahan struktur database maka aplikasi antarmuka tidak akan mengalami hal serupa. Perubahan cukup dilakukan pada struktur databasenya saja tanpa harus mengubah struktur dalam aplikasi antarmuka.
  • Penghubung antara user dengan database sehingga memungkinkan pengguna dapat mengakses database dengan cepat dan mudah.
  • Integritas dan keamanan data. Integritas data lebih terjamin dengan penggunaan DBMS. DBMS mampu mencegah terjadinya redudansi data, dimana redudansi data adalah bertumpuknya file yang sama dalam sebuah basis data. Sistem keamanan data dalam database akan lebih terjamin dengan penggunaan DBMS. Karena dalam DBMS dimungkinkan untuk melakukan pengaturan hak akses kepada masing-masing user 
  • Administrasi keseragaman data 
  • Mereduksi waktu pengembangan aplikasi


Sekian yang bisa saya bahas. Semoga post ini bermanfaat untuk semua orang.



refrensi
http://lib.mdp.ac.id/ebook/Karya%20Umum/Diktat_Sistem_Basis_Data.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Segitiga Sama Sisi Menggunakan Bahasa C

Algoritma Penjadwalan Pada Sistem Operasi

Fungsi dan Prosedur dalam Bahasa C