Komunitas Media Sosial Online

Definisi Komunitas Media Sosial Online


Dahulu, sebuah komunitas berdiri selain dilandasi dengan hobi atau latar belakang yang sama, letak geografis dari orang – orang yang bergabung dalam komunitas tersebut juga sangat mempengaruhi bagaimana komunitas itu berdiri. Misalkan tempat tinggal dari masing – masing individu yang lintas provinsi atau bahkan lintas negara, akan menyulitkan komunitas tersebut untuk berkumpul atau mengadakan pertemuan lainnya.
Namun di era teknologi yang semakin canggih saat ini, sudah banyak bermunculan situs – situs sosial network seperti Facebook, Twitter, dan banyak forum diskusi online lainnya. Kemunculan berbagai situs media sosial ini amat mempengaruhi perkembangan suatu komunitas. mereka bisa melebarkan jaringan hingga ke mancanegara. Mereka tidak perlu berkumpul di suatu tempat tertentu untuk berdiskusi, mereka dapat melakukannya dengan waktu yang lebih efektif dan efisien, serta biaya yang lebih murah dengan memanfaatkan sosial media.
Menurut Ferguson et al, 2004, komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sence of community sebagaimana orang – orang yang tidak saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa layanan online, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya.
Dalam membentuk sebuah komunitas, suatu konsep perancangan dan pemeliharaan komunitas merupakan hal yang sangat penting sehingga komunitas tersebut dapat menjadi komunitas online yang baik. 

Karakteristik Media Sosial Online 

  • Anonim
Di dunia online, identitas menjadi sesuatu yang bebas cipta dan bebas guna. Siapa saja bisa menjadi apa saja yang diinginkannya. Tidak ada suatu kewajiban bagi mereka untuk menunjukkan atau menggunakan identitas asli saat menggunakan layanan internet. Informasi dapat dibuat, dimanipulasi, serta disebarluaskan melalui media online oleh siapapun. Satu orang bisa memiliki identitas sebanyak yang ia mau. Jika dilihat dari sisi negatif, satu orang dapat menyebarkan informasi yang tidak benar (hoax), menebar kebencian, atau hal lainnya yang dapat menjatuhkan individu atau komunitas lain. Karena dengan adanya anonym yang memungkinkan satu orang memiliki banyak identitas, informasi tersebut juga dapat disebarkan dengan sangat cepat. Dan umumnya, pihak – pihak yang dirugikan tidak bisa menuntut siapa pelakunya karena sifat anonym tersebut. Di sisi lain, sifat anonim juga memiliki banyak manfaat dan potensi yang menguntungkan. Misalkan dalam penggalangan opini ataupun penggalangan massa yang tanpa harus memiliki pendukung nyata. Cukup dengan terlihat besar di dunia maya, mereka dapat mempengaruhi dan mengajak orang – orang di dunia nyata juga untuk ikut berpartisipasi.
  • Sifatnya yang Relatif Bebas
Komunitas online cenderung bersifat bebas. Bebas kepemilikan, bebas sekat – sekat sosial umum, serta bebas hambatan jarak, ruang dan waktu
  •  Informasi Bersifat Cair
Dikarenakan adanya aksesibilitas yang tinggi, informasi apapun yang dicerna oleh publik akan direproduksi oleh personal para pengguna untuk dilakukan pemahaman dan kajian kembali terhadap informasi tersebut. Maka dari itu, suatu informasi yang akan disampaikan atau disebarkan hendaknya sudah dipantau dan disiapkan segala bukti yang mendukung ataupun berupa pembelaan dari fakta informasi tersebut.
  •  Komunitas Patron-Klien Yang Kuat
     
Patron-klien menjelaskan suatu kondisi dimana sebagian besar public adalah pihak yang relatif pasif. Mereka cenderung mempercayai opini dari pihak lain yang mereka anggap memiliki otoritas atau pengaruh akan suatu hal di dunia maya. Jika diamati, dari sekian banyak anggota dari forum, hanya sedikit yang aktif melakukan posting ataupun menyuarakan opini. Orang-orang itu lah yang bisa kita sebut sebagai patron. Sedangkan publik di komunitas yang hanya mendengarkan, dan akhirnya mengikutinya disebut klien. Kebanyakan dari para klien ini bersikap loyal pada patron mereka.


referensi http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/Bab%202_09-135.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Segitiga Sama Sisi Menggunakan Bahasa C

Algoritma Penjadwalan Pada Sistem Operasi

Fungsi dan Prosedur dalam Bahasa C