Komunitas Media Sosial Online
Definisi Komunitas Media Sosial Online
referensi http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/Bab%202_09-135.pdf
Dahulu, sebuah komunitas berdiri selain dilandasi
dengan hobi atau latar belakang yang sama, letak geografis dari orang – orang
yang bergabung dalam komunitas tersebut juga sangat mempengaruhi bagaimana
komunitas itu berdiri. Misalkan tempat tinggal dari masing – masing individu
yang lintas provinsi atau bahkan lintas negara, akan menyulitkan komunitas
tersebut untuk berkumpul atau mengadakan pertemuan lainnya.
Namun di era teknologi yang semakin canggih saat
ini, sudah banyak bermunculan situs – situs sosial network seperti Facebook,
Twitter, dan banyak forum diskusi online lainnya. Kemunculan berbagai situs
media sosial ini amat mempengaruhi perkembangan suatu komunitas. mereka bisa
melebarkan jaringan hingga ke mancanegara. Mereka tidak perlu berkumpul di
suatu tempat tertentu untuk berdiskusi, mereka dapat melakukannya dengan waktu
yang lebih efektif dan efisien, serta biaya yang lebih murah dengan
memanfaatkan sosial media.
Menurut Ferguson et al, 2004, komunitas online
adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sence of
community sebagaimana orang – orang yang tidak saling mengenal memiliki
kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan
beberapa layanan online, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial,
layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya.
Dalam membentuk sebuah komunitas, suatu konsep
perancangan dan pemeliharaan komunitas merupakan hal yang sangat penting
sehingga komunitas tersebut dapat menjadi komunitas online yang baik.
Karakteristik Media Sosial Online - Anonim
- Sifatnya
yang Relatif Bebas
- Informasi
Bersifat Cair
- Komunitas
Patron-Klien Yang Kuat
referensi http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/Bab%202_09-135.pdf
Komentar
Posting Komentar