Jaringan Sosial Online
Jaringan sosial online adalah suatu hubungan yang terjalin antara satu atau bahkan banyak orang yang dilakukan memalui media online atau dunia maya. Jaringan sosial online didefinisikan menjadi sebuah sistem dimana,
(a)
Pengguna adalah entitas kelas pertama dengan semi-publik profil,
(b)
Pengguna dapat membuat link eksplisit untuk pengguna lain atau item
konten, dan
(c)
Pengguna dapat menavigasi sosial jaringan dengan browsing link dan
profil pengguna lain.
Definisi
ini konsisten yang digunakan dalam penelitian sebelumnya. Jaringan
sosial online memilki beberapa peran, tapi tiga peran utama dari
jaringan sosial online yang umum;
Pertama,
jaringan sosial online yang digunakan untuk mempertahankan dan
memperkuat ikatan sosial yang ada, atau membuat hubungan sosial baru.
Situs memungkinkan pengguna untuk "mengartikulasikan dan membuat
jaringan sosial mereka", demikian "berkomunikasi dengan
orang-orang yang sudah menjadi bagian dari jaringan sosial yang luas.
Kedua, jaringan sosial online yang digunakan oleh masing-masing
anggota untuk meng-upload kontennya sendiri. Catatan: Konten yang
dibagi sering bervariasi dari situs ke situs, Ketiga, jaringan sosial
online digunakan untuk mencari konten yang baru, konten yang menarik
dengan menyaring, merekomendasikan, dan mengatur konten yang diupload
oleh pengguna.
Beberapa komponen yang ada dalam jaringan sosial online, jaringan sosial online menyediakan :
Beberapa komponen yang ada dalam jaringan sosial online, jaringan sosial online menyediakan :
-
Pengguna
Partisipasi
penuh dalam jaringan sosial online mengharuskan pengguna untuk
mendaftarkan (pseudo) identity dengan jaringan, meskipun beberapa
situs memungkinkan data penjelajahan umum tanpa eksplisit sign-on.
Pengguna dapat secara sukarela memasukkan informasi tentang diri
mereka sendiri (misalnya, ulang tahun mereka, tempat tinggal,
kepentingan, dll), yang semuanya merupakan fitur profil pengguna.
Jaringan sosial online itu sendiri terdiri dari hubungan antara
pengguna dalam dunia maya(online).
-
Grup
Kebanyakan
situs juga memungkinkan pengguna untuk membuat grup minat khusus,
yang mirip dengan Usenet newsgroup. Pengguna dapat mengirim pesan ke
grup (terlihat untuk semua anggota kelompok) dan bahkan meng-upload
konten bersama ke grup. kelompok tertentu dikelola, dan masuk ke grup
dikendalikan oleh pengelola kelompok tunggal, sementara kelompok lain
yang terbuka untuk setiap anggota untuk bergabung. Pengguna sebagai
kelompok tunggal harus secara manual membuat grup, menunjuk
administrator (jika diperlukan). Penggunaan utama dari kelompok dalam
jaringan saat ini adalah baik kontrol kebijakan akses express atau
untuk menyediakan sebuah forum untuk berbagi konten.
-
Content
Setelah
identitas dibuat, pengguna situs konten-berbagi dapat meng-upload
konten ke account mereka. Banyak situs tersebut memungkinkan pengguna
untuk menandai konten sebagai public (terlihat orang) atau swasta
(hanya terlihat langsung "teman-teman" mereka), dan untuk
menandai konten dengan label. Banyak situs, seperti YouTube,
memungkinkan pengguna untuk meng-upload jumlah yang tidak terbatas
konten, sedangkan situs lain, seperti Flickr, mengharuskan pengguna
baik membayar langganan Biaya atau dikenakan batas upload. Semua
konten yang diunggah oleh pengguna yang diberikan adalah tercantum
dalam profil pengguna, yang memungkinkan pengguna lain untuk
menelusuri jaringan sosial untuk menemukan konten baru. Biasanya,
konten secara otomatis diindeks, dan, jika tersedia untuk umum,
dibuat dapat diakses melalui pencarian tekstual.
Sejarah Singkat Jaringan Sosial Online
Jaringan
sosial online, dimulai pada Tahun 1995 yaitu dengan dibuatnya situs
pertama Classmates.com. Situs ini digunakan sebagai situs bagi
pengguna untuk berhubungan kembali dengan teman sekelas yang lalu,
dan saat ini memiliki lebih dari 40 juta pengguna terdaftar. Namun,
situs tersebut tidak memungkinkan pengguna untuk membuat link ke
pengguna lain, hanya memungkinkan pengguna untuk menghubungkan satu
sama lain dalam satu sekolah mereka telah terdafatar. Pada tahun
1997, situs SixDegrees.com diciptakan, yang merupakan situs jejaring
sosial yang memungkinkan pengguna untuk membuat link langsung ke
pengguna lain. Dengan demikian, SixDegrees.com adalah situs pertama
yang memenuhi definisi sosial online jaringan. Jaringan sosial online
mulai tumbuh populer dengan pengguna yang terhubung Internet. Pada
awal 2000-an, sejumlah situs dengan tujuan umum untuk menemukan teman
didirikan, yang paling terkenal di antaranya adalah Friendster.
Friendster adalah situs memungkinkan sesama teman untuk bertemu,
dimulai dari persaingan situs kencan Match.com. Lalu, situs serupa
muncul dalam jangka waktu yang sama termasuk CyWorld, Ryze, dan
LinkedIn .
Pada
tahun 2003, MySpace diciptakan sebagai alternatif untuk Friendster
situs lainnya. MySpace memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan
tampilan profil mereka, yang terbukti sangat populer dikalangan
pengguna, menyebabkan MySpace dengan cepat menjadi jaringan sosial
online terbesar. MySpace memiliki 247 juta akun pengguna, jaringan
soaial online populer kedua yaitu Facebook. Facebook sendiri
merupakan salah satu jaringan sosial online yang saat ini masih
sangat banyak digunakan pennguna karena kelebihannya. Dengan kenaikan
popularitas jaringan sosial online, jenis lain dari situs mulai
memasukkan fitur jejaring sosial. Contohnya termasuk konten
multimedia situs berbagi (Flickr , YouTube , dan Zoomr ), situs
blogging (LiveJournal) dan BlogSpot ), situs jaringan profesional
(LinkedIn dan Ryze), dan situs berita agregasi (Digg, Reddit, dan
del.icio.us ). Semua situs-situs tersebut memiliki tujuan berbeda
tetapi menggunakan strategi umum pemanfaatan jaringan sosial untuk
meningkatkan situs mereka. Untuk daftar up-to-date lebih lengkap dan
situs jaringan sosial online terkenal, kita merujuk pembaca untuk
Wikipedia
Komentar
Posting Komentar