Jaringan Sosial Online




Jaringan sosial online adalah suatu hubungan yang terjalin antara satu atau bahkan banyak orang yang dilakukan memalui media online atau dunia maya. Jaringan sosial online didefinisikan menjadi sebuah sistem dimana,
(a) Pengguna adalah entitas kelas pertama dengan semi-publik profil,
(b) Pengguna dapat membuat link eksplisit untuk pengguna lain atau item konten, dan
(c) Pengguna dapat menavigasi sosial jaringan dengan browsing link dan profil pengguna lain.
Definisi ini konsisten yang digunakan dalam penelitian sebelumnya. Jaringan sosial online memilki beberapa peran, tapi tiga peran utama dari jaringan sosial online yang umum;
Pertama, jaringan sosial online yang digunakan untuk mempertahankan dan memperkuat ikatan sosial yang ada, atau membuat hubungan sosial baru. Situs memungkinkan pengguna untuk "mengartikulasikan dan membuat jaringan sosial mereka", demikian "berkomunikasi dengan orang-orang yang sudah menjadi bagian dari jaringan sosial yang luas. Kedua, jaringan sosial online yang digunakan oleh masing-masing anggota untuk meng-upload kontennya sendiri. Catatan: Konten yang dibagi sering bervariasi dari situs ke situs, Ketiga, jaringan sosial online digunakan untuk mencari konten yang baru, konten yang menarik dengan menyaring, merekomendasikan, dan mengatur konten yang diupload oleh pengguna.
 

Beberapa komponen yang ada dalam jaringan sosial online, jaringan sosial online menyediakan :
  1. Pengguna
Partisipasi penuh dalam jaringan sosial online mengharuskan pengguna untuk mendaftarkan (pseudo) identity dengan jaringan, meskipun beberapa situs memungkinkan data penjelajahan umum tanpa eksplisit sign-on. Pengguna dapat secara sukarela memasukkan informasi tentang diri mereka sendiri (misalnya, ulang tahun mereka, tempat tinggal, kepentingan, dll), yang semuanya merupakan fitur profil pengguna. Jaringan sosial online itu sendiri terdiri dari hubungan antara pengguna dalam dunia maya(online). 
  1. Grup
Kebanyakan situs juga memungkinkan pengguna untuk membuat grup minat khusus, yang mirip dengan Usenet newsgroup. Pengguna dapat mengirim pesan ke grup (terlihat untuk semua anggota kelompok) dan bahkan meng-upload konten bersama ke grup. kelompok tertentu dikelola, dan masuk ke grup dikendalikan oleh pengelola kelompok tunggal, sementara kelompok lain yang terbuka untuk setiap anggota untuk bergabung. Pengguna sebagai kelompok tunggal harus secara manual membuat grup, menunjuk administrator (jika diperlukan). Penggunaan utama dari kelompok dalam jaringan saat ini adalah baik kontrol kebijakan akses express atau untuk menyediakan sebuah forum untuk berbagi konten. 
  1. Content
Setelah identitas dibuat, pengguna situs konten-berbagi dapat meng-upload konten ke account mereka. Banyak situs tersebut memungkinkan pengguna untuk menandai konten sebagai public (terlihat orang) atau swasta (hanya terlihat langsung "teman-teman" mereka), dan untuk menandai konten dengan label. Banyak situs, seperti YouTube, memungkinkan pengguna untuk meng-upload jumlah yang tidak terbatas konten, sedangkan situs lain, seperti Flickr, mengharuskan pengguna baik membayar langganan Biaya atau dikenakan batas upload. Semua konten yang diunggah oleh pengguna yang diberikan adalah tercantum dalam profil pengguna, yang memungkinkan pengguna lain untuk menelusuri jaringan sosial untuk menemukan konten baru. Biasanya, konten secara otomatis diindeks, dan, jika tersedia untuk umum, dibuat dapat diakses melalui pencarian tekstual. 
Sejarah Singkat Jaringan Sosial Online
Jaringan sosial online, dimulai pada Tahun 1995 yaitu dengan dibuatnya situs pertama Classmates.com. Situs ini digunakan sebagai situs bagi pengguna untuk berhubungan kembali dengan teman sekelas yang lalu, dan saat ini memiliki lebih dari 40 juta pengguna terdaftar. Namun, situs tersebut tidak memungkinkan pengguna untuk membuat link ke pengguna lain, hanya memungkinkan pengguna untuk menghubungkan satu sama lain dalam satu sekolah mereka telah terdafatar. Pada tahun 1997, situs SixDegrees.com diciptakan, yang merupakan situs jejaring sosial yang memungkinkan pengguna untuk membuat link langsung ke pengguna lain. Dengan demikian, SixDegrees.com adalah situs pertama yang memenuhi definisi sosial online jaringan. Jaringan sosial online mulai tumbuh populer dengan pengguna yang terhubung Internet. Pada awal 2000-an, sejumlah situs dengan tujuan umum untuk menemukan teman didirikan, yang paling terkenal di antaranya adalah Friendster. Friendster adalah situs memungkinkan sesama teman untuk bertemu, dimulai dari persaingan situs kencan Match.com. Lalu, situs serupa muncul dalam jangka waktu yang sama termasuk CyWorld, Ryze, dan LinkedIn .
Pada tahun 2003, MySpace diciptakan sebagai alternatif untuk Friendster situs lainnya. MySpace memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan profil mereka, yang terbukti sangat populer dikalangan pengguna, menyebabkan MySpace dengan cepat menjadi jaringan sosial online terbesar. MySpace memiliki 247 juta akun pengguna, jaringan soaial online populer kedua yaitu Facebook. Facebook sendiri merupakan salah satu jaringan sosial online yang saat ini masih sangat banyak digunakan pennguna karena kelebihannya. Dengan kenaikan popularitas jaringan sosial online, jenis lain dari situs mulai memasukkan fitur jejaring sosial. Contohnya termasuk konten multimedia situs berbagi (Flickr , YouTube , dan Zoomr ), situs blogging (LiveJournal) dan BlogSpot ), situs jaringan profesional (LinkedIn dan Ryze), dan situs berita agregasi (Digg, Reddit, dan del.icio.us ). Semua situs-situs tersebut memiliki tujuan berbeda tetapi menggunakan strategi umum pemanfaatan jaringan sosial untuk meningkatkan situs mereka. Untuk daftar up-to-date lebih lengkap dan situs jaringan sosial online terkenal, kita merujuk pembaca untuk Wikipedia  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Segitiga Sama Sisi Menggunakan Bahasa C

Algoritma Penjadwalan Pada Sistem Operasi

Fungsi dan Prosedur dalam Bahasa C