Linux Ubuntu 16.04

Kali ini saya akan membahas tentang OS Linux Ubuntu. Jadi mohon disimak dengan baik. Saya telah menginstal OS Linux Ubuntu 16.04, dan saya telah menjalankannya selama beberapa bulan. Bagi kalian yang baru menginstal, pastikan terlebih dahulu OS Linux anda benar-benar terinstal pada partisi hardisk dan bukan di Vmware atau sejenisnya. Vmware adalah aplikasi yang dapat memungkinkan kita untuk menjalankan suatu OS didalam OS yang berbeda. Jadi, Vmware itu sejenis emulator. Disini saya menggunakan dua sistem operasi yaitu Linux dan Windows 10. dibawah ini adalah foto yang membuktikan bahwa kedua OS saya telah terinstal dipartisi yang saya buat.



Difoto itu bisa kita lihat bahwa kedua OS saya tidak terinstal di Vmware.
Didalam Ubuntu terdapat banyak aplikasi yang yang sangat bermanfaat diberbagai bidang, seperti server, pemrograman, desain grafis web, dan masih banyak lagi. Sekarang saya akan membahas tentang aplikasi-aplikasi di Ubuntu antara lain:

Nama Aplikasi: Libre Office
Kategori:Perkantoran
web: www.libreoffice.org



Libre Office sendiri merupakan sebuah Paket Aplikasi Perkantoran yang bersifat Free Software (yang artinya bebas digunakan). Libre Office sendiri merupakan Pengembangan dari Aplikasi sejenis yang bernama Open Office, Libre Office dikembangkan oleh The Document Foundation (TDF). Biasanya libre office sudah terinstall secara otomatis saat kita menginstall Ubuntu (sudah bawaan)

Fungsi dari Libre Office antara lain:
- membuka file dengan format .doc dan .docx
- membuat file dokumen
- mengedit file dengan format .doc dan .docx
- membuat dokumen presentasi selayaknya Ms Power Point
- membuat dokumen excel dengan office calc
- dan masih banyak lagi.

Komponen dalam libre office diantaranya

Writer 
Pengolah kata dengan fungsi yang hampir sama dan dukungan berkas terhadap Microsoft Word atau WordPerfect. Writer juga dapat berfungsi sebagaipenyunting teks dasar.

Calc 
Lembar kerja yang mirip dengan Microsoft Excel atau Lotus 1-2-3. Calc memiliki beberapa fitur unik, termasuk sebuah sistem yang secara otomatis mendefinisikan beberapa elemen grafik sesuai dengan informasi yang diberikan oleh pengguna.

Impress 
Aplikasi presentasi yang mirip dengan Microsoft PowerPoint. Presentasi dapat diekspor sebagai berkas SWF, yang memungkinkan untuk dapat dilihat dikomputer dengan Adobe Flash terinstal. LibreOffice Impress juga memungkinkan efek transisi 3D (OpenGL) dan penggunaan model 3D.

Draw 
Penyunting grafis vektor dan perangkat pembuat diagram yang mirip dengan Microsoft Visio dan sebanding dalam fitur pada versi awal dari CorelDRAW. Libreoffice Draw menyediakan konektor antara bentuk (shape) yang tersedia dalam berbagai gaya garis dan memungkinkan pembuatan gambar sepertidiagram alir. LibreOffice Draw juga memiliki fitur yang mirip dengan perangkat lunak desktop publishing seperti Scribus dan Microsoft Publisher.

Math 
Aplikasi yang dirancang untuk membuat dan menyunting formula matematika. Program ini menggunakan varian dari XML untuk membuat formula sebagaimana yang ditetapkan dalam spesifikasi OpenDocument. Formula ini juga dapat disertakan ke dokumen lain dalam paket aplikasi LibreOffice (seperti yang dibuat dengan Writer atau Calc) dengan cara mencantumkannya ke dalam dokumen tersebut.

Base 
Aplikasi basis data relasional yang serupa dengan Microsoft Access. LibreOffice Base memungkinkan pembuatan dan pengaturan basis data, penyusunan formulir dan laporan untuk kemudahan akses data oleh pengguna akhir. Sama seperti Akses, Base dapat digunakan sebagai basis data kecil yang tertanam (embedded).

Nama aplikasi: Inkscape
kategori: desain grafis
web: www.inkscape.org

Inkscape merupakan program aplikasi desain grafis yang berfungsi sebagai aplikasi untuk membuat dan mengolah gambar vektor. Inkscape bersifat free (gratis) dan Multiplatform (dapat berjalan pada berbagai sistem operasi). Kemampuan Inkscape dalam membuat gambar vektor tidak kalah dengan aplikasi grafis yang berbayar seperti CorelDraw dan Freehand. Untuk memdownload Inkscape pada Linux, anda hanya perlu mengetikkan pada Terminal:
sudo apt-get update
sudo apt-get install inkscape

Nama aplikasi: Firefox
Kategori: Web/Internet
Web: www.mozilla.org/firefox


fungsi firefox pada umumnya sama seperti aplikasi web browser lainnya. untuk OS Ubuntu, firefox sudah terinstall secara otomatis ketika kita menginstall Ubuntu. Firefox memiliki banyak fitur yang dapat digunakan penggunanya, seperti, download, private window dan masih banyak lagi.

Nama Aplikasi: Sublime Text
Kategori: Pemrograman
Web: www.sublimetext.com



Sublime Text merupakan aplikasi yang dapat kita gunakan untuk menulis kode pemrograman. Sublime text dapat kita gunakan untuk membuat hmtl, css, c, c++ dan masih banyak lagi. sublime text memiliki size yang lumayan kecil dibandingkan IDE lain yang notabene memiliki size ratusan MB. namun, sublime text belum termasuk kompiler. jadi anda perlu menginstall kompiler seperti gcc dikomputer anda. untuk mendownload sublime text, cukup ketik:

sudo apt-get update
sudo apt-get install sublime-text

Nama Aplikasi: Tux Math
Kategori: Pendidikan
web: tux4kids.alioth.debian.org/tuxmath/


Tux math merupakan aplikasi bergenre pendidikan yang patut dicoba untuk anak anak. aplikasi ini akan meningkatkan kemampuan matematika seseorang. aplikasi ini akan mengeluarkan sebuah soal dan kita harus menjawab soal tersebut dengan benar. game ini seperti game shooter, namun akan menembak soal apabila jawaban yang kita masukkan benar. jadi, patut anda coba.

sudo apt-get update
sudo apt-get install tuxmath


Aplikasi kategori jaringan komputer dalam OS Linux:

wireshark 


Wireshark merupakan salah satu dari sekian banyak tool Network Analyzer yang banyak digunakan oleh Network administrator untuk menganalisa kinerja jaringannya terrmasuk protokol didalamnya. Wireshark banyak disukai karena interfacenya yang menggunakan Graphical User Interface (GUI) atau tampilan grafis. untuk mengakses wireshark di Ubuntu, anda harus menginstallnya terlebih dahulu melalui kode terminal berikut:

sudo add-apt-repository ppa:wireshark-dev/stable 
sudo apt-get update
sudo apt-get install wireshark
 
setelah itu anda bisa menjalankan melalui applications


iptraf 
 
fitur ini sering digunakan pada OS Linux. iptraf biasanya digunakan sebagai aplikasi untuk memonitoring terhadap statik jaringan dan komputer. untuk menginstallnya ada perlu mengetikkan

sudo apt-get install iptraf

setelah itu buka melalui terminal dengan mengetikkan

sudo iptraf



etherape  

Etherape adalah tools untuk memonitor jaringan dengan tampilan grafis. Tools ini dilengkapi dengan kemampuan menghasilkan grafik dari lapisan jaringan, mode IP dan TCP, serta menampilkan kegiatan network (jaringan) secara grafis. Kita dapat memfilter traffic apa saja yang mau ditampilkan secara grafis. download etherape dengan mengetikkan

sudo apt-get install etherape

jalankan etherape melalui terminal dengan mengetikkan

sudo etherape








ping
 
Ping biasanya digunakan untuk mengecek konektifitas komputer terhadap komputer lain atau terhadap sebuah jaringan internet.





Terima Kasih telah membaca artikel saya. semoga bermanfaat!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Segitiga Sama Sisi Menggunakan Bahasa C

Algoritma Penjadwalan Pada Sistem Operasi

Fungsi dan Prosedur dalam Bahasa C