Pengenalan Bahasa Pemrograman


Selamat berjumpa kembali teman-teman. kali ini saya akan membahas tentang bahasa pemrograman dan tips-tipsnya. Mari kita simak bersama-sama.

BAHASA PEMROGRAMAN
Sebuah bahasa pemrograman terdiri dari algoritma, syntax, pustaka, dan IDE + OS.
  • Algoritma,  setiap program pasti berisi algoritma, karena algoritma merupakan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah dengan sistematis dan berhingga. Sebuah program dibuat pasti untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada. sehingga dibutuhkan adanya algoritma.
  • syntax, setiap bahasa pemrograman memiliki syntax-nya masing-masing. syntax diperlukan untuk memberikan perintah program kepada komputer setelah instruksi-intruksi tersebut dicompile.
  • pustaka, setiap bahasa pemrograman juga memiliki pustaka masing-masing. seperti bahasa C memilika pustaka #include <stdio.h> pustaka ini memuat perintah berupa printf dan scanf. begitu juga dengan bahasa pemrograman yang lain.
  • IDE + OS, tanpa adanya IDE dan OS, kita tidak bisa menulis kode-kode yang ingin kita buat. IDE memudahkan programer untuk menulis kode mereka.  meskipun kita bisa menulis kode menggunakan teks editor tetapi IDE memberikan banyak kelebihan yang menguntungkan.
MODEL PEMROGRAMAN
Pada umumnya bahasa pemrograman memiliki model pemrograman seperti struktur dan object oriented programing. namun tidak semuan bahasa pemrograman mencangkup kedua model tersebut.
  • struktur, model pemrograman ini terdiri dari fungsi dan prosedur. seperti yang sudah saya jelaskan pada post sebelumnya, fungsi dan prosedur adalah program yang sebagai subprogram dari program utamanya, namun memiliki perbedaan yang mendasar.
  • OOP(Object Oriented Programing),merupakan pemrograman yang berorientasikan kepada objek, dimana semua data dan fungsi dibungkus dalam class-class atau object-object. Setiap object dapat menerima pesan, memproses data, mengirim, menyimpan dan memanipulasi data. Object dalam OOP adalah dasar dari struktur suatu bahasa pemrograman berorientasi objek, dimana objek ini membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program. Sedangkan Class merupakan kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu dalam pemrograman berorientasi objek. Class ini digunakan untuk mengidentifikasi tentang karakteristik dari suatu data ataupun fungsi.
PERAN BAHASA PEMROGRAMAN
Peran bahasa pemrograman antara lain:
  • jaringan komputer >> socket programin adalah bagaimana cara menggunakan socket API ( Application Socket Programming ), untuk menghubungkan komunikasi antara proses remote dan local. contoh: c, java, python
  • Database >>bahasa pemrograman juga memiliki peran dalam pengolahan database seperti menambah data, menghapus, mengedit dan kegiatan lain yang bersangkutan dengan database. Bahasa pemrograman, selain itu bisa membuat GUI untuk mengolah basis data tersebut. contoh: java, python, ODBC
  • Internet of Things >> sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus, berikut kemampuan remote control, berbagi data, dan sebagainya, termasuk pada benda-benda di dunia fisik. Bahan pangan, elektronik, peralatan apa saja, koleksi, termasuk benda hidup, yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor tertanam dan selalu “on”. Dengan bahasa pemrograman, kita bisa membuat suatu alat pintar yang mampu mengontrol sesuatu yang terhubung pada jaringan internet melalui jarak jauh. contohnya adalah memasang sebuah alat agar kita bisa mematikan lampu melalui jarak yang jauh.
  • Cloud Computing (platform as a service) >> google drive merupakan salah satu contoh cloud computing. secara sederhana cloud computing adalah gabungan antara perangkat komputasi dengan teknologi internet. dengan kata lain, kita menggunakan koneksi internet untuk mengakses mesin komputasi.
  • Intelligent Transportation System >>merupakan terobosan teknologi transportasi yang cerdas. tentu bahasa pemrograman sangat berperan dalam pembuatannya. contoh, pengaturan lokasi parkir. para pengguna tidak perlu bingung lagi untuk mencari lahan parkir yang kosong karena telah dipasang sensor pada tempat parkir yang kosong kemudian pengguna akan diarahkan kesana. selain itu, mobil pintar yang masih dikembangkan oleh google merupakan contoh lainnya.
  • Parallel Computing >> penggunaan lebih dari satu CPU untuk melakukan proses yang ada. misalnya kita analogikan dalam kehidupan sehari-hari. kita ingin memindahkan banyak kursi dengan satu orang saja. tentu pekerjaan tersebut akan selesai namun pekerjanya pasti kelelahan. berbeda dengan kita menyelesaikannya dengan gotong royong, pekerjaan akan cepat selasai namun pekerjanya tidak begitu kelelahan. begitu juga dengan komputer, dengan parallel computing, proses akan cepat selesai dan lebih efisien.
  • Bio Informatika, E-Health >> bahasa pemrograman bisa digunakan untuk membuat suatu program yang  dikombinasikan dengan dunia medis. misalnya program yang dapat mengecek golongan darah dan lain sebagainya.
TINGKATAN BAHASA PEMROGRAMAN
  • Tinggi, bahasa pemrograman tingkat tinggi lebih mudah untuk dipelajari karena istilah-istilah yang digunakan lebih mudah dimengerti dan diingat dan mendekati bahasa manusia contohnya c, pascal, dll
  • Rendah, bahasa tingkat rendah sangat sulit untuk dimengerti karena sudah mendekati bahasa mesin namun dapat digunakan untuk apasaja. contoh assembly

SECURITY PEMROGRAMAN
security dalam pemrograman berarti kemungkinan dimana suatu program yang dibuat tidak sesuai dengan apa yang diinginkan programernya.
  • Kesalahan Algoritma >> kita harus berhati-hati dalam membuat algoritma karena salah sedikit saja bisa berakibat fatal. misalnya saat worm pertama kali ditemukan. worm tersebut ada secara tidak sengaja dimana worm tersebut melipat gandakan dirinya secara terus menerus dan mengakibatkan internet pada masa itu mati total.
  • Buffer Overflow >> suatu keadaan dimana pogram yang kita buat memerlukan memori yang begitu besar, sehingga bisa memenuhi memori komputer yang kita gunakan
TIPS PEMROGRAMAN
Berikut ini saya akan memberikan tips-tips pemrograman agar anda menjadi programer yang sukses membuat program.
  • Pahami Algoritmanya, setiap anda ingin membuat pertama-tama pastikan anda mengerti algoritmanya. Jangan sampai program yang anda buat terdapat bugs yang menyebabkan program anda tidak berjalan sesuai keinginan apalagi jika sampai terjadi loop tak hingga, bisa fatal akibatnya.
  • Kuasai Sintaks, selanjutnya kuasai sintaks bahasa pemrograman yang anda gunakan agar anda dengan mudah dapat menerjemahkan algoritma yang anda telah buat tadi.
  • Pahami Model Pemrograman, pastikan anda menggunakan model struktural atau OOP
  • Berlatih, sering-seringlah berlatih agar anda dapat menguasai sintaks dan menemukan penyelesaian - penyelesaian terhadap masalah yang kita temukan.
  • Studi kasus sehari-hari, sering-seringlah melakukan studi kasus agar logika kita semakin terlatih dan semakin cepat dalam menyelesaikan sebuah program.
  • Aktif dalam Pengembangan (project, github, dll), ikutlah aktif dalam pengembangan-pengembangan program karena kita bisa memperluas wawasan kita. 
sekian yang bisa saya jelaskan kepada anda. semoga artikel ini bermanfaat untuk anda! see ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Segitiga Sama Sisi Menggunakan Bahasa C

Algoritma Penjadwalan Pada Sistem Operasi

Fungsi dan Prosedur dalam Bahasa C