NCOIC, Organisasi NCP Dunia

Nama Mata Kuliah   : Network Centric Principles
Nama Dosen             : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T
Jurusan                      : Teknologi Informasi
Fakultas                     : Teknik
Universitas                : Universitas Udayana


Network Centrik telah banyak diterapkan diberbagai bidang seperti pemerintahan, perusahaan, militer dan lain-lain. Oleh sebab itu perlu adanya wadah komunikasi antar penggiat Network Centric, pengguna, vendor dan stakeholder lainnya terkait dengan prinsip dan implementasi dari Network Centric Principle. Selain itu perlu juga adanya badan yang mengatur standarisasi, regulasi hingga protocol dan aplikasi yang mendukung NCP. Menjawab kebutuhan tersebut akhirnya pada tahun 2004 dibentuklan NCOIC.

NCOIC merupakan singkatan dari Net Centric Operation Industry Consortium. NCOIC adalah organisasi internasional yang berfokus pada percepatan penggunaan NCP secara global. Tujuan NCOIC adalah untuk meningkatkan berbagi informasi di antara berbagai komunitas yang menarik untuk meningkatkan produktivitas, interaktivitas, keselamatan dan keamanan mereka.

Sejak 2004, NCOIC telah mengembangkan kerangka kerja, proses dan alat untuk memungkinkan jaringan yang dapat dioperasikan untuk komunikasi, kolaborasi, dan kesadaran yang lebih besar. Sumber daya teknis ini - senilai $ 100 juta - tersedia untuk umum di situs web ini.
Konsorsium juga membantu pelanggan pemerintah dalam mengimplementasikan konsep interoperabilitas lintas domain untuk meningkatkan kemampuan dan keberhasilan organisasi mereka.

Tidak seperti organisasi lain, NCOIC memiliki keunggulan keahlian dari sektor publik dan swasta di lingkungan yang netral dan terbuka untuk pertukaran pengetahuan dan ide. Berkat perusahaan anggota, afiliasi, dan penasihat kami, NCOIC bekerja lintas domain dan negara untuk memahami dan mengatasi faktor-faktor perusahaan, industri, politik dan teknis yang memengaruhi interoperabilitas.

Prinsip NCP pada NCOIC antara lain.
Dinamis, semua entitas di dalam NCP harus mampu mendukung lingkungan (environment) dan kebiasaan (behaviour) yg bersifat dinamis.
Global, penerapan NCP harus bersifat global, tidak dibatasi oleh perbedaan platform, os, aplikasi, device
Eksplisit, informasi yang ditampilkan harus bersifat eksplisit
Simetrik, relasi dan entitas bersifat simetris dari sisi struktur
Entitas, setiap entitas memiliki identitas dan pengenal berbeda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Segitiga Sama Sisi Menggunakan Bahasa C

Algoritma Penjadwalan Pada Sistem Operasi

Fungsi dan Prosedur dalam Bahasa C