Pengenalan Network Centric Principles


Nama Mata Kuliah   : Network Centric Principles
Nama Dosen             : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T
Jurusan                      : Teknologi Informasi
Fakultas                     : Teknik
Universitas                : Universitas Udayana



Jaringan komputer adalah teknologi dimana dua atau lebih komputer saling berkomunikasi satu sama lain saling berbagi data dan informasi. Jaringan komputer erat kaitannya dengan data, informasi, komunikasi, konten, koneksi, protocol, intranet dan internet.

Network Centric Principle erat kaitannya dengan jaringan komputer dimana jaringan komputer merupakan jantung dari konsep Network Centric Principle tersebut. Network Centric Principle yang selanjutkan kita sebut dengan NCP merupakan suatu prinsip berbasis jaringan bekerja secara terpusat dimana didalamnya terdapat sistem, infrastruktur, proses dan pengguna pada bidang tertentu seperti bisnis, kesehatan dan lain-lain. Fokus utama dari NCP adalah bagaimana mengembangkan suatu sistem berbasis jaringan yang aman dan memberikan kemudahan, keamanan dan kehandalan informasi dalam pemberian layanannya.



NCP memiliki lima buah lapisan atau layer arsitektur. Kelima layer tersebut antara lain sebagai berikut.
  • Layer Foundation, yaitu layer paling bawah dimana kita harus mengetahui NCP apa yang ingin kita buat, tujuan dan alasan dibuatnya NCP tersebut dan bagaimana merencakan NCP tersebut.
  • Layer Communication, yaitu jenis komunikasi apa yang ingin digunakan. Misalnya pada NCP yang direncakan menggunakan wireless atau menggunakan kabel untuk menghubungkan antar sistemnya atau yang lain.
  • Layer Computing, yaitu bagaimana dan apa resource komputasi dari segi software dan hardware yang digunakan.
  • Layer Application yaitu, NCP dalam bidang apa yang akan dikembangkan misalnya pengembangan software bisnis, kesehatan atau Pendidikan.
  • Layer Capability, yaitu apa kemampuan dari NCP yang akan dibuat.


NCP saat diterapkan harus mampu memenuhi kebutuhan interoperabilitas yang tinggi. Interoperabilitas artinya memiliki dukungan dan berjalan dengan bai pada sebanyak mungkin sistem operasi, perangkat, aplikasi dan platform. Interoperabilitas tinggi memungkinkan NCP diterapkan pada Service Oriented Architecture, komputasi berbasis jaringan dan teknologi-teknologi lain di dalam jaringan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Segitiga Sama Sisi Menggunakan Bahasa C

Algoritma Penjadwalan Pada Sistem Operasi

Fungsi dan Prosedur dalam Bahasa C