Content Delivery Network

Nama Mata Kuliah   : Network Centric Principles
Nama Dosen             : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T
Jurusan                      : Teknologi Informasi
Fakultas                     : Teknik
Universitas                : Universitas Udayana


Perkembangan jaman menuju kearah yang lebih maju salah satunya dibidang layanan internet. CDN (Content Delivery Network) dibuat untuk memberikan layanan yang lebih handal kepada pangguna dalam mengakses data pada internet dimanapun lokasi mereka. CDN adalah sejumlah node yang merupakan server/komputer yang tersebar tecara fisik diberbagai tempat yang bersama-sama memberikan layanan pengiriman konten dan data kepada pengguna dari sebuah layanan berbasis web. CDN berbeda dengan pengiriman data pada web atau hosting konvensional dimana CDN bersifat terdistribusi. Terdistribusi artinya server layanan CDN berada pada tempat yang berbeda-beda sehingga dapat menjangkau pengguna dimanapun dengan memberikan kualitas layanan yang sama kepada setiap pengguna tanpa memandang jarak pengguna dengan server.

CDN umumnya berbasis cloud. Berbasis cloud karena sifat CDN yang terdistribusi sehingga layanan CDN lebih handal atau reliable. CDN dengan berbasis cloud memudahkan CDN dalam memberikan layanannya. CDN akan melihat lokasi geografis pengguna lalu memberikan layanannya melalui server terdekat. Hal ini tentunya berbeda dengan konsep hosting atau web biasa non CDN yang bersifat terpusat. Jika terdapat masalah misalnya RTO atau trafik jaringan macet maka kehandalannya akan berkurang dan menurunkan QOS nya.

CDN dapat digunakan pada semua jenis layanan atau aplikasi berbasis web seperti layanan web hosting, layanan social media, web bisnis, e-commerce, e-business, game online dan masih banyak lagi.

Ada beberapa opsi untuk membuat CDN. Opsi pertama adalah dengan membuat sendiri server CDN nya dalam Cloud dimana memerlukan biaya yang tinggi, SDM yang handal dan memahami regulasi setempat. Opsi kedua adalah dengan menggunakan layanan hosting berbasis CDN yang menggunakan cloud.

Referensi:
I Putu Agus Eka Pratama. PPT CDN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Segitiga Sama Sisi Menggunakan Bahasa C

Algoritma Penjadwalan Pada Sistem Operasi

Fungsi dan Prosedur dalam Bahasa C