NCP dengan Service Oriented Architecture

Nama Mata Kuliah   : Network Centric Principles
Nama Dosen             : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T
Jurusan                      : Teknologi Informasi
Fakultas                     : Teknik
Universitas                : Universitas Udayana


SOA (Service Oriented Architecture) atau arsitektur (sistem/software) berbasis layanan. Service Oriented Architecture (SOA)  merupakan istilah yang menjadi trend dalam teknologi terbaru di dunia TI, yang merupakan sebuah pendekatan dalam merancang (arsitek) sistem dimana service yang ada dalam masing-masing sistem yang ada. Secara umum SOA adalah sebuah arsitektur kerangka kerja berbasis standar yang terhubung yang memungkinkan sistem-sistem untuk saling mengintegrasikan data yang sebelumnya hanya tersimpan rapat di berbagai lokasi atau sumber. Setiap komponen yang terdapat SOA akan memberikan suatu jenis layanan (service) tertentu.

Dalam level enterprise, diperlukan suatu sistem terintegrasi yang mana beberapa sistem dalam suatu kasus menjadi satu dalam penyediaan data dan informasi. Enterprise harusnya berfokus pada layanan sesuai dengan konsep SOA, dengan membuat sistem berorientasi pada layanan. Pembangunan sistem dengan SOA pada level yang lebih besar harus membicarakan layanan yang disediakan sebelum merancang kebutuhan sistem yang lainnya.

Contoh layanan pada SOA pada level yang lebih besar adalah pada sebuah sistem perbankan berbasis SOA perbankan menyediakan layanan untuk pembayaran, transfer, mengecek status akun bank, dan lainnya. Dengan konsep SOA, layanan pada perbankan ini yang seharusnya dipertimbangkan terlebih dahulu dalam membangun sistem sebelum berbicara pada lapisan lainnya. Jadi, ketika merancang suatu sistem pada enterprise, yang perlu diperhatikan tidak hanya data melainkan bagaimana memberikan layanan kepada pengguna dengan baik.
Referensi:
I Putu Agus Eka Pratama. NCP dan SOA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Segitiga Sama Sisi Menggunakan Bahasa C

Algoritma Penjadwalan Pada Sistem Operasi

Fungsi dan Prosedur dalam Bahasa C